Kamu Pasti Bisa! Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri

23 October 2019Kamu Pasti Bisa! Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri

Pasti sangat menyebalkan saat laptop sering mati sendiri, apalagi saat kamu sedang dikejar deadline atau sedang bertanding bermain game. Kondisi laptop seperti itu banyak penyebabnya seperti masalah hardware, tegangan listrik, atau bahkan masalah pada monitor laptop.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi laptop tiba-tiba mati sendiri yaitu dengan merawatnya. Jangan hanya digunakan terus menerus tapi laptop harus dirawat dengan baik. 

Artikel ini akan membantu kamu untuk mengatasi laptop tiba-tiba mati dan apa penyebabnya. Berikut adalah ulasan penyebab dari laptop mati sendiri:

Penyebab Laptop Mati Sendiri

1. Penyebab laptop mati karena panas Overheat

Foto : lalod.com

Laptop yang cepat panas dapat menyebabkan laptop mati sendiri. Gejala awal dimulai saat laptop mulai restart secara tiba-tiba. Laptop yang cepat panas diakibatkan karena aktivitas pengguna yang menggunakan pada tempat ringan seperti bantal, kasur atau karpet berbulu.

Cara menggunakan laptop seperti itu membuat sirkulasi udara baik yang keluar atau masuk terganggu, sehingga udara panas yang ada dalam laptop tidak bisa keluar dan tetap berada di dalam yang menyebabkan perangkat hardware laptop ikut panas.

Cara mengatasinya sangat mudah, kamu harus membiasakan diri untuk menggunakan laptop dengan baik dan benar. Bagaimana cara penggunaan yang benar? Pastikan alasan yang digunakan rata dan keras sehingga tidak mengganggu sirkulasi keluar masuknya udara. Baca solusi mudah mengatasi laptop cepat panas (overheating) lainnya. 

2. Penyebab laptop tiba tiba mati karena RAM bermasalah

Foto : patartambunan.com

Meski RAM berada di dalam laptop, tidak menutup kemungkinan debu bisa masuk dan mengotori RAM. Kotoran pada RAM dapat menghambat kinerja laptop bahkan bisa membuat laptop hang atau tiba-tiba mati.

Cara mengatasinya, dengan ruting membersihkan bagian dalam laptop secara berkala. Khusus untuk RAM, gunakan penghapus atau tisu kering untuk membersihkan debu dari kuningan di bagian atas.

Selain itu, untuk mengurangi dampak masuknya debu ke dalam laptop, jangan gunakan laptop di tempat yang berpotensi banyak debu bertebaran.

3. Penyebab laptop mati karena Pasta Processor kering