Keren! Lakukan Sendiri 5 Cara Mengatasi Laptop Hang

11 January 2018Keren! Lakukan Sendiri 5 Cara Mengatasi Laptop Hang

Bisa dibilang saat ini laptop sudah menjadi kebutuhan pokok. Dari orang dewasa sampai remaja telah menggunakan laptop sebagai alat pembantu pekerjaan sehari-hari, mulai dari mengerjakan tugas sekolah sampai tugas kantor. Jika laptop bermasalah akan dipastikan kamu akan pusing. Berikut ini beberapa cara mengatasi laptop hang yang bisa kamu lakukan sendiri.

1. Masuk ke Safe Mode

Jika kamu menggunakan Windows, salah satu cara mengatasi laptop hang ketika baru dinyalakan adalah dengan masuk ke dalam Safe Mode.



Safe Mode adalah sebuah pilihan untuk menyalakan sistem operasi hanya dengan menggunakan Driver dan aplikasi-aplikasi khusus yang dapat kamu gunakan untuk restorasi atau mengembalikan Windows pada keadaan semula.

Dengan menggunakan Safe Mode, bisa menjadikan solusi untuk kamu yang ingin mengatasi laptop hang, khusus yang disebabkan oleh Driver yang tidak cocok atau adanya kerusakan pada File Windows yang perlu diperbaiki dengan cara menggantinya dengan file baru.


2. Uninstall driver yang tidak cocok

Driver yang tidak cocok dengan jenis sistem operasi dan juga perangkat keras yang di install di dalam laptop dapat menyebabkan masalah hang saat baru dinyalakan.


Cara mengatasi laptop hang yaitu dengan uninstall driver yang tidak cocok dari laptop. Salah satu hal yang perlu kamu lakukan untuk menghindari masalah ini yaitu dengan mengetahui bit laptop yang sesuai dengan Driver yang akan kamu install.

Jika kamu ingin mengetahui Driver yang tidak cocok yaitu dengan melihat Device Manager. Driver yang terinstall tidak cocok atau bahkan tidak ada Driver yang terinstall ditandai dengan tanda pentung atau tanda silang pada lambang aplikasi. Kamu juga bisa mengingat apa saja Driver yang di install sebelumnya sehingga menyebabkan laptop mengalami hang saat baru dinyalakan.


Baca Juga :


3. Menginstall ulang sistem operasi

Cara mengatasi laptop hang yang ketiga adalah dengan install ulang sistem operasi. Biasanya kamu akan diberikan tanda berupa munculnya pesan error yang pada intinya menunjukkan bahwa Windows mengalami kerusakan karena beberapa file mengalami Corrupt atau semacamnya.



Terkadang restorasi tidak dapat dilakukan dengan baik, sekalipun berhasil, masih belum bisa mengatasi masalah Windows yang hang saat baru dinyalakan.

Dengan begitu, cara yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki laptop yang hang saat baru dinyalakan dengan melakukan install ulang.


4. Mengganti RAM

RAM adalah perangkat keras yang dibutuhkan laptop agar bisa bekerja dengan maksimal. Kerusakan pada RAM, akan membuat kerja sistem laptop menjadi terhambat.


Bahkan RAM yang rusak akan membawa banyak masalah seperti laptop yang sering hang. Jika laptop kamu sering hang, salah satu penyebabnya bisa karena RAM yang rusak yang mengakibatkan saat laptop diakses prosesor tidak dapat berjalan dengan baik, sehingga terjadi hang. Cara mengatasi laptop hang dari permasalahan diatas yaitu dengan menggati RAM baru.


5. Mengganti penyimpanan atau Storage (HDD/SSD)

Selain masalah RAM, laptop yang sering mengalami hang juga dapat disebabkan karena adanya masalah pada penyimpanan data yang dimiliki oleh laptop.

Permasalahan pada salah satu bagian hardisk atau SSD dapat mengakibatkan masalah pada pembacaan data, sehingga pada titik tertentu, masalah tersebut sampai mengakibatkan laptop mengalami hang ketika baru dinyalakan.

Untuk memeriksa HDD atau SSD yang kamu miliki, kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi yang tersedia di internet yang bisa di unduh kapan saja. Apabila sudah pasti bahwa HDD atau SSD mengalami kerusakan, kamu harus mengganti perangkat penyimpangan yang baru.

Kamu sedang membutuhkan layanan perbaikan gadget? Hubungi Klikfix, kami merupakan salah satu penyedia jasa perbaikan gadget terpercaya se-Jabodetabek.

Klikfix dapat menangani berbagai kerusakan. Kamu bisa segera hubungi 021-63866360. Kurir kami segera datang dan mengambil gadget Anda untuk di diagnosa oleh teknisi laptop kami.