Laptop Tidak Ada Suara? Gunakan Trik Jitu Ini Untuk Mengatasinya

16 January 2018Laptop Tidak Ada Suara? Gunakan Trik Jitu Ini Untuk Mengatasinya

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki laptop, gadget ini sangat mudah di jangkau. Tetapi meskipun laptop banyak dimiliki orang, tidak semua tau bagaimana cara mengatasi masalah yang muncul. Contohnya, laptop tidak ada suara. Apakah kamu pernah mengalaminya? Bagaimana cara mengatasinya?

Cukup penting untuk kamu mengetahui bagaimana cara memperbaiki laptop yang tidak bersuara. Karena suara menjadi salah satu faktor penting yang diperlukan pada laptop. Misalnya, untuk menonton film atau mendengarkan musik, tentu perlu mendengar suara yang dikeluarkan oleh laptop.

Laptop tidak ada suara akan membuat kamu menjadi tidak nyaman dan bingung ingin melakukan apa, apalagi kamu yang sering menggunakan laptop sambil mendengarkan lagu. Pada artikel ini, akan kami infokan cara memperbaiki laptop tidak ada suara yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah laptopmu sendiri.

Menginstall Driver Sound Card


Driver yang tidak sesuai dengan Sound Card bisa menjadi salah satu penyebab laptop tidak mengeluarkan suara. Kenapa demikian? Karena Sound Card tidak dapat menangkap dan memproses informasi suara dari aplikasi yang dijalankan.

Cara untuk mengatasinya, kamu dapat menginstall ulang Driver Sound Card dengan benar. Jika kamu tidak menginstallnya dengan benar maka Sound Card tidak akan berfungsi dengan baik serta laptop tidak akan mengeluarkan suara sama sekali. Installlah Driver sesuai bit laptop kamu.


Mengganti Sound Card laptop




Sound Card berfungsi untuk menerima instruksi dari prosesor untuk menghasilkan suara dengan bunyi tertentu. Perangkat ini bertugas untuk mengonversi input data digital menjadi sebuah suara yang dikeluarkan lewat speaker.

Saat perangkat Sound Card rusak, suara tidak akan bisa di proses dan dikeluarkan. Letak dan jenis Sound Card bermacam-macam sesuai merek atau tipe laptop kamu. Maka ada baiknya, kamu harus tahu jenis Sound Card apa yang ada pada laptop yang kamu miliki.


Mengganti atau mengubah speaker laptop




Speaker adalah bagian laptop yang mengeluarkan suara setelah diproses oleh Sound Card. Jika laptop tidak bersuara, bisa jadi karena bagian speaker laptop rusak. Kamu bisa mengganti speaker tersebut jika bermasalah dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.


Menginstall Kernel yang sesuai




Jika kamu menggunakan sistem operasi GNU/Linux kemudian Kernel yang digunakan tidak sesuai dengan sistem operasi yang dimiliki atau terdapat bug di aplikasi tersebut maka akan menjadi penyebab masalah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menginstall ulang Kernel yang sesuai. Kamu dapat mengunggah variasi Kernel yang sesuai di berbagai repositori online atau memakai aplikasi Ukuu-GTK.


Menginstall Compressor Decompressor Codec




Tidak ada keselarasan Codec untuk memutar file suara yang ingin kamu dengarkan bisa menjadi salah satu penyebab laptop tidak ada suara. Codec sejenis dengan Driver. Codec dibutuhkan aplikasi untuk membaca kodifikasi atau data suara yang telah ditulis dalam file seperti mp3, mp4, atau MKV.

Meskipun kamu sudah menginstall Driver yang sesuai tetapi tidak memiliki Codec untuk membaca file suara maka aplikasi tidak akan bisa mengeluarkan suara dan akan mengakibatkan aplikasi menjadi error.


Baca Juga :


Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi Codec seperti K-Lite Codec Pack ataupun aplikasi lainnya yang bisa didapatkan dengan cara menginstallnya. Dengan menggunakan aplikasi Codec, laptop kamu akan bisa bersuara kembali saat digunakan untuk nonton film, video, serta untuk memutar musik atau lagu.

Itulah cara untuk mengatasi laptop tidak ada suara. Sebenarnya, laptop tidak bersuara disebabkan karena berbagai macam alasan. Kamu harus melakukan berbagai banyak cara untuk bisa menyelesaikan atau mengatasi permasalahan tersebut. Jika saat ini kamu sedang mencari jasa perbaikan gadget masa kini, kamu dapat menghubungi Klikfix.

Klikfix adalah layanan perbaikan gadget yang datang ke tempat kamu. Kapan pun gadget bermasalah tidak perlu bingung mencari tempat servis terpecaya atau menunggu lama karena antrian panjang di toko service. Di Klikfix kamu tinggal ‘klik’ membuat janji, maka kurir kami segera datang dan mengambil gadget kamu untuk di diagnosa oleh teknisi laptop kami.