Laptop Tidak Bisa Charger? Coba Lakukan Ini Untuk Mengatasinya

19 March 2018Laptop Tidak Bisa Charger? Coba Lakukan Ini Untuk Mengatasinya

Saat tugas menumpuk tetapi laptop tidak bisa charger pasti sangat menghambat pekerjaan. Apalagi jika kamu tidak tahu penyebabnya.

Laptop tidak bisa charger bisa terjadi karena banyak faktor. Kunci untuk mengetahui masalah tidak bisa charger adalah dengan mengetahui penyebab awal kerusakan. Beberapa penyebab awal laptop tidak bisa charger biasanya adalah charger rusak, sekring rusak, baterai bermasalah, kabel eror, dan jek charger rusak.

Itulah beberapa faktor dasar yang mungkin membuat laptop tidak bisa charger. Ada baiknya kamu menghindari terjadinya masalah pada laptop. Tetapi jika masalah tidak bisa charger sudah terjadi, kamu bisa mengetahui penyebabnya dengan melakukan hal ini :

Periksa Kabel


Foto : golepi

Apakah kabel yang tersambung pada charger sudah terpasang dengan benar? Jika kabel sudah terpasang dengan benar, bisa jadi penyebab kerusakan bukalah berasal dari kabel charger melainkan disebabkan oleh faktor lain.


Cabut Kabel Charger Laptop

Foto : lightingEVER

Cara kedua yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mencabut kabel dan diamkan beberapa saat. Dengan mencabut kabel, sama saja kamu mengistirahatkan charger dan baterai yang tersambung pada laptop. Setelah 5 menit, kamu bisa menyambungkannya kembali.


Periksa Charger Laptop

Foto : HokyNet

Cobalah mengek charger yang biasa kamu gunakan untuk mengisi daya. Mungkin saja penyebab laptop tidak bisa di charger yaitu karena charger telah rusak dan tidak bisa digunakan.

Untuk mengetahui apakah charger bermasalah atau tidak, kamu bisa mencoba untuk melakukan charge dengan charger yang lain. Jika tersambung, berarti charger laptop kamu rusak. Jika tidak tersambung, maka kerusakan terjadi pada komponen lainnya.


Periksa Adaptor Charger


Foto : SodagarKomputer

Penyebab laptop tidak bisa charger, bisa karena ketidakstabilan arus listrik (naik dan turun dengan cepat) yang dapat menyebabkan laptop tidak dapat di charger. Pada beberapa kasus, masalah ini bisa menyebabkan adaptor charger berasap karena adanya elemen yang terbakar saat digunakan.


Baca Juga :



Masalah pada Port Laptop


Foto : Pricebook

Jika suka mencoba melakukan charge dengan charger yang berbeda tetapi daya masih tidak bisa mengisi, maka ada kemungkinan port pada laptop kamu yang menjadi penyebabnya.

Penyebab port laptop tidak berfungsi biasanya dikarenakan debu, kerikil, ataupun penyebab lainnya yang membuat konektor charger tak dapat menyambungkan koneksi ke port charger.


Masalah pada Baterai


Foto : interogator.com

Mungkin saja penyebab laptop  tidak bisa charger karena baterai laptop itu sendiri. Baterai yang sering digunakan, kinerja untuk meyimpan daya semakin melemah. Biasanya penyebabnya karena kamu sering melakukan charge melewati batas waktu.

Jika saat ini kamu sedang mencari jasa perbaikan laptop panggilan dengan proses cepat dan terpercaya, segera hubungi Klikfix.

Klikfix memberikan kamu banyak keuntungan, mulai dari Gratis konsultasi dan jemput antar Jabodetabek, garansi 60 hari, dan teknisi handal. Dengan menghubungi Klikfix, laptop tidak bisa charger bisa diatasi.