Mengatasi Dengan Mudah Kamera Laptop Tidak Berfungsi

23 January 2018Mengatasi Dengan Mudah Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Pernahkan kamu mengalami masalah kamera laptop tidak berfungsi? Kamu sudah mencoba mengatasinya tetapi belum berhasil juga. Kamera laptop merupakan salah satu device yang sangat penting, apalagi buat kamu yang suka video conference bersama klien. Pasti sangat bikin repot jika kamera laptop eror, begitu juga jika DVD Drive error pasti sangat mengganggu.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, untuk mengetahui apa penyebab kamera laptop tidak berfungsi dan bagaimana cara mengatasinya.

Periksa Driver di Device Manager

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah memeriksa Driver. Fungsi Driver merupakan perantara antara hardware kamera dengan sistem operasi yang kamu gunakan. Jika Driver tidak berfungsi dengan baik, bisa dipastikan kamera laptop tidak berfungsi. Kamera laptop tidak berfungsi cukup bikin khawatir, apalagi laptop tidak ada suara. Seharusnya bagaimana cara memeriksa Driver kamera?

Langkah yang harus kamu lakukan yaitu masuk ke Device Manager, kemudia cari Device dari kamera. Kamu harus memastikan jika Driver terinstall dengan benar. Jika kamu mendapatkan tanda seru atau tanda panah, segera perbaiki dengan cara menginstall ulang Driver.

Driver biasanya didapatkan dari DVD bawaan laptop yang kamu gunakan. Jika DVD tidak ada, kamu bisa download Driver dari situs resmi notebook. Pastikan yang kamu download sesuai dengan notebook dan OS yang digunakan. Jika tidak, kemungkinan kamera akan tetap tidak berjalan dengan baik.

Periksa Software dari Kamera yang Digunakan

Cara kedua untuk memeriksa kamera laptop tidak berfungsi adalah memeriksa softwarenya. Jika kamu tidak mengetahui cara memeriksa software, langsung saja uninstall software kamera kemudian install ulang lagi software yang sama.

Sebelum kamu melakukan uninstall, kamu harus pastikan jika memiliki file master dari software yang digunakan untuk menginstall kembali aplikasi kamera atau webcame. Jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa menggunakan software lainnya seperti ManyCam. Saat menginstall, kamu harus menjaga agar laptop tidak akan hang.

Aktifkan Kamera Laptop

Cara ketiga untuk memeriksa kamera laptop tidak berfungsi yaitu dengan memeriksa aktivasi kamera. Untuk beberapa jenis laptop, kamera tidak bisa langsung aktif. Kamu harus mengaktifkannya secara manual. Untuk mengatifkannya, tekan tombol Fn+F3 secara bersamaan. Untuk beberapa laptop menekan tombol yang berbeda, ada yang dengan menekan tombol F4 atau F2. Hati-hati juga dengan engsel laptop, memperbaiki engsel laptop rusak cukup susah.

Periksa Kondisi Kabel USB dari Kamera

Langkah keempat ini, dikhusukan untuk kamu pengguna komputer. Coba untuk periksa kabel, apakah sudah terhubung dengan baik. Jika memungkinkan coba gunakan web camera di komputer lain sehingga kamu tahu apa yang sebenarnya bermasalah.

Jika kamu sudah mencoba cara memperbaiki kamera laptop tidak berfungsi seperti diatas, tetapi masih belum berhasil, cobalah untuk menghubungi jasa service laptop terpercaya. Kamu bisa menghubungi Klikfix.

Klikfix adalah layanan perbaikan laptop dan gadget terpercaya yang bisa kamu panggil se-Jabodetabek. Hanya dengan membuat janji melalui website Klikfix, kurir akan segera datang dan mengambil gadget kamu untuk di diagnosa oleh teknisi laptop Klikfix.