Trik Jitu Memperbaiki Engsel Laptop Rusak

05 January 2018Trik Jitu Memperbaiki Engsel Laptop Rusak

Sebagian pengguna biasanya hanya memegang ujung monitor untuk membuka dan menutup laptop, padahal hal tersebut berpotensi menyebabkan engsel laptop rusak.

Kenapa demikian? Karena beban tarikan hanya bertumpu pada salah satu engsel saja. Bila hal ini dibiarkan begitu saja akan berakibat monitor goyang saat dibuka dan ditutup.


Penyebab Engsel Laptop Rusak

Penyebab engsel laptop rusak bukan hanya karena kesalahan saat membuka dan menutup laptop, penyebab lainnya adalah adanya kotoran pada engsel sehingga monitor susah untuk dibuka atau ditutup.


Baca Juga :


Adanya kotoran menyebabkan beban ekstra pada dudukan engsel yang hanya terbuat dari plastik. Semakin lama dudukan engsel terdapat kotoran maka tidak kuat lagi menahan beban.


Kenali Tanda Kerusakan

Pada tahapan kerusakan awal biasanya monitor hanya goyang pada salah satu engsel. Seharusnya, pengguna sudah menyadari hal tersebut dan segera memperbaiki engsel laptop rusak.

Jika masih di diamkan saja, maka kerusakan akan semakin parah yaitu kedua engsel akan goyang bahkan bisa menyebabkan monitor laptop tidak bisa berdiri sendiri. Harus ada penompang pada belakang monitor agar dapat digunakan.

Ada baiknya kamu menutup serta membuka laptop dengan memegang bagian tengah monitor atau menggunakan kedua tangan pada dua ujung monitor saat menutup.

Jika kamu mulai menemukan tanda engsel laptop rusak sebaiknya segera lakukan suatu tindakan, antara lain membersihkan kotoran dan debu pada engsel.


Trik Jitu Atasi Engsel Laptop Rusak

Pada artikel ini, kami akan membagikan trik jitu untuk memperbaiki engsel laptop rusak. Untuk ikut mempratekkannya kamu harus menyiapkan baut dan mur dengan diameter 3 mm, disesuaikan dengan diameter lubang pada engsel sedangkan untuk panjang baut kurang lebih 15 mm.

Selain itu, peralatan yang dibutuhkan adalah Obeng plus dan obeng minus, solder (mata solder bisa kamu ganti dengan paku berdiameter 3 mm), tang kecil atau lebih baik menggunakan kunci yang pas dengan ukuran mur dan baut. Jumlah masing-masing baut dan mur yang kamu butuhkan adalah 4 pcs.

Langkah perbaikan yang bisa kamu lakukan yaitu lepaskan baterai, buka penutup bagian bawah serta lepaskan hardisk dan ram. Selanjutnya, Lepaskan Optical Disc Drive (ODD) terlebih dulu, lalu kamu bisa membuka sekrup penguncinya.

Buka semua sekrup pengunci body bawah laptop. Putar laptop, posisikan laptop dalam keadaan terbalik. Lepaskan Bezel Keyboard menggunakan obeng minus. Lalu, kamu harus membuka dua sekrup pengunci keyboard dan copotkan keyboard.

Tahap selanjutnya lepaskan konektor. Lalu lepaskan casing atas atau penutup body utama laptop dengan cara buka perlahan pada salah satu sisi menggunakan benda pipih.

Usahakan menggunakan benda pipih agar tidak merusak badan laptop, misalnya pick gitar atau bekas sim card. Lepaskan monitor dari body utama agar tidak mengganggu proses perbaikan. Terlebih dahulu kamu lepaskan kabel Wireless dan konektor LCD pada laptop. Perhatikan posisi kabel dengan benar agar bisa kamu pasang kembali dengan rapi seperti semula.

Sekarang saatnya kamu lubangi dudukan engsel laptop sampai menembus dengan menggunakan solder modifikasi yang sudah disiapkan. Setiap engsel mempunyai 2 lubang dudukan, jadi terdapat 4 dudukan yang harus dilubangi.

Masukkan baut untuk mengunci engsel lewat bagian bawah body laptop. Biasanya lubang hasil solder masih agak sempit, kamu bisa gunakan obeng plus untuk membantu memasukkan baut. Pasang kembali monitor dengan badan laptop, lalu masukkan lubang engsel kedalam ujung baut yang terlihat dari atas.

Masukkan mur kedalam ujung baut untuk mengunci, gunakan tang kecil untuk mempermudah pemasangan. Pastikan mur benar-benar terpasang dengan kuat. Setelah kamu yakin semua mur terpasang dengan sempurna, pasang kembali kabel Wireless Card dan konektor LCD ke tempat semula.

Setelah selesai pasangkan atas badan laptop, jangan lupa semua konektor dipasang seperti semula. Setelah itu pasang keyboard beserta bezelnya, tahapan terakhir yang kamu lakukan adalah pasang semua sekrup body utama laptop juga sparepart seperti hardisk, ram, ODD dan baterai.


Cara Jitu Atasi Berbagai Masalah Laptop

Jika saat ini kamu mengalami kerusakan laptop, kamu bisa menghubungi Klikfix. Kami merupakan salah satu penyedia jasa perbaikan laptop dan gadget terpercaya se-Jabodetabek.

Klikfix dapat menangani berbagai kerusakan. Kamu bisa segera hubungi di 021-63866360. Kurir kami segera datang dan mengambil laptop Anda untuk di diagnosa oleh teknisi laptop handal kami.