Trik Jitu Memperbaiki Port USB Yang Tidak Berfungsi

23 October 2019Trik Jitu Memperbaiki Port USB Yang Tidak Berfungsi

Port USB merupakan bagian terpenting laptop. Kamu pasti sangat galau saat mengetahui jika Port USB tidak berfungsi secara tiba-tiba.

Fungsi Port USB sangat banyak , diantaranya membantu kamu terhubung dengan perangkat peripheral seperti Memori External, Mouse, Keyboard, Modem, atau DVD-Rom Portable yang menggunakan fasilitas Port USB. Fungsi lainnya, untuk melakukan booting pada saat install laptop apabila tidak ada DVD-R.

Artikel ini akan menginformasikan kamu trik jitu untuk memperbaiki Port USB eror atau tidak berfungsi. Sebelumnya, kamu harus mempersiapkan peripheral dengan kondisi baik yang menggunakan Port USB, misalnya kamu menggunakan peripheral flashdisk.

Sebelum menggunakan trik memperbaiki Port USB tidak berfungsi, kamu harus mengetahui penyebab kerusakan. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan :

Pemeriksaan Fisik Port USB

Langkah pertama untuk memperbaiki Port USB tidak berfungsi adalah dengan memeriksa langsung Port USB. Untuk mengujinya, kamu bisa mencoba untuk menyambungkan flashdisk dengan Port USB, jika tidak ada notifikasi perangkat terpasang, coba goyangkan dengan ringan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah Port USB longgar atau tidak.

Tetapi jika tidak ada notifikasi masuk, bisa dibilang Port USB eror. Untuk memastikan lebih lanjut, kamu bisa mengikuti langkah selanjutnya.

Pengetesan Sambungan USB dari Peripheral

Setelah mengetahui bahwa Port USB yang dicoba tidak berfungsi, cobalah pasangkan flashdisk pada Port USB lain yang masih berfungsi dengan baik.

Langkah ini dilakukan untuk mengetes apakah peripheral yang kamu gunakan memiliki kondisi baik atau tidak, terutama pada sambungan USB. Jika peripheral yang digunakan masih berjalan baik, berarti Port USB ada masalah. Untuk memastikan, bisa menggunakan langkah selanjutnya.

Restart Komputer

Coba lakukan restart laptop. Langkah ini dilakukan untuk melakukan scan hardware atau software seperti Port USB dan Driver untuk memastikan berjalan kembali atau tidak.

Device Manager

Langkah terakhir untuk mengecek USB not recognized adalah mengecek Device Manager. Untuk masuk ke Device Manager, klik Start lalu pilih Control Panel setelah itu pilih Hardware and Sound dan pilih Device Manager. Ketika telah masuk Device Manager, langkah yang harus dilakukan:

Pertama, pilih Universal Serial Bus Controller kemudian klik kanan dan pilih Scan for Hardware Change.

Kedua, pilih tanda tambah ‘+’ atau panah pada Universal Serial Bus Controller lalu lihatlah apakah ada tanda seru. Jika ada, klik kanan dan uninstall semua yang bertanda seru, lalu restart laptop. Laptop akan mencoba kembali mendeteksi hardware.

Ketiga, Pilih Driver yang bertanda seru pada Universal Serial Bus Controller kemudian double klik pada Propertis, klik Detail lalu pada kolom ganti dengan ‘Hardware Ids’ untuk mengetahui kode yang dipakai oleh perangkat hardware setelah itu copy dan cari pada web browser secara otomatis, kode yang dicari akan berubah menjadi nama Driver. Kemudian download dan install.

Itulah trik jitu yang bisa dilakukan untuk memperbaiki USB Device Not Recognized. Jika masih belum betul, kamu bisa menghubungi jasa perbaikan laptop terpercaya yaitu Klikfix.

Klikfix merupakan jasa perbaikan laptop masa kini yang memudahkan kamu. Hanya dengan membuat janji untuk penjemputan laptop di website Klikfix, kurir kami akan segera datang mengambil laptop untuk didiagnosa oleh teknisi laptop handal.